Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2013): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DI SMP KELAS VIII

Fitriani Fitriani (Unknown)
Hasratuddin Hasratuddin (Unknown)
Edi Syahputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2013

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SMP kelas VIII. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah (1)mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa, (2) mengetahui efrektipitas perangkat pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa, (3)mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa melalui perangkat pemblajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Penelitian ini adalah penelitian pengembanagan model 4-D Thiagarajan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah buku petunjuk Guru (BPG), buku siswa (BS), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Aktivitas Siswa (LAS), dan Tes Kemampuan Komunikasi Matematik (TKKM). Uji coba dilakukan sebanyak dua kali pada siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Percut Sei Tuan  dan SMP IT Al Hijrah Deli Serdang. Pada uji coba ke-1 diperoleh efektivitas perangkat pembelajaran belum dikatakan efektif  karena masih terdapat komponen aktivitas siswa dan kemampuan guru mengelaola pembelajaran belum mencapai efektif. Hasil uji coba ke-1 dijadikan bahan untuk merevisi perangkat pembelajaran. Hasil uji coba ke-2 perangkat pembelajaran sudah mencapai katagori efektif. Hal ini ditunjukkan oleh (a) aktivitas siswa adalah efektif, (b) kemampuan guru mengelaola pembelajran adalah efektif, (c)respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif dan, (d) ketuntasan kemampuan komunikasi matematik lebih dari 80% siswa mencapai KKM. Hasil uji coba perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa : (1) pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah valid dan praktis. (2) penerapan pengembangan perangkat pembelajaran efektif ditinjau dari hasil observasi guru dan siswa. (3) kemapuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...