Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2015): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI ATURAN PENCACAHAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMA

Iis Juniati Lathiifah (Pendidikan Matematika FKIP Unsri Palembang)
Zulkardi Zulkardi (Pendidikan Matematika FKIP Unsri)
Somakim Somakim (Pendidikan Matematika FKIP Unsri)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi aturan pencacahan yang valid dan praktis berdasarkan karakteristik pembelajaran berbasis masalah dan kurikulum 2013 serta untuk mengetahui efek potensial dari bahan ajar terhadap kemampuan siswa memecahkan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah development research yang terdiri dari dua tahap yaitu tahap preliminary yang meliputi persiapan dan desain kemudian tahap formative evaluation yang meliputi self evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 6 SMAN 10 Palembang. Pengumpulan data dilakukan dengan walk through, obsevasi dan tes. Penelitian ini telah menghasilkan bahan ajar yang valid dan praktis sesuai dengan karakteristik pembelajaran berbasis masalah dan kurikulum 2013. Valid tergambar dari saran validator yang menyatakan bahwa bahan ajar baik berdasarkan konten yang sesuai dengan kurikulum 2013, konstruk yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran berbasis dan bahasa yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Serta mempunyai efek potensial terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dilihat dari sikap, pengetahuan dan keterampilan yang secara umum baik serta hasil tes evaluasi akhir dimana rata-rata nilai siswa dikategorikan baik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...