Penulisan makalah ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal; (Tujuan penulisan ini yaitu mendeskripsikan kondisi belajar matematika, mendeskripsikan bentuk RPP pada materi sistem persamaan linear tiga variabel dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di SMA Negeri 6 Pontianak. Kondisi belajar matematika peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 6 Pontianak,Tahun Pelajaran 2018/2019 semester 1 yakni: (1) pembelajaran cenderung terfokus hanya kepada guru sedangkan peserta didik pasif, kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, serta kurang dapat mengkomunikasikan apa yang mereka pelajari; (2) guru sering menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) yang mengakibatkan peserta didik tidak aktif untuk bertanya dan mengemukakan pendapat dan terkadang guru juga biasanya menggunakan model pembelajaran kooperatif, tetapi tidak berjalan dengan maksimal; (3) Bentuk RPP yang diungkapkan dalam kegiatan pembelajaran sudah memuat model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Kesimpulan yang diperoleh bahwa menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat membuat peserta didik lebih aktif terhadap kegiatan pembelajaram serta kemampuan komunikasi matematis peserta didik dapat meningkat.
Copyrights © 2018