Jurnal Pembelajaran Prospektif
Vol 3, No 1 (2018)

PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS 1 SMAN 6 PONTIANAK

., Istini . (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2019

Abstract

Penulisan makalah ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal; (Tujuan penulisan ini yaitu mendeskripsikan kondisi belajar matematika, mendeskripsikan bentuk RPP pada materi sistem persamaan linear tiga variabel dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di SMA Negeri 6 Pontianak. Kondisi belajar matematika peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 6 Pontianak,Tahun Pelajaran 2018/2019 semester 1 yakni: (1) pembelajaran cenderung terfokus hanya kepada guru sedangkan peserta didik pasif, kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, serta kurang dapat mengkomunikasikan apa yang mereka pelajari; (2) guru sering menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) yang mengakibatkan peserta didik tidak aktif untuk bertanya dan mengemukakan pendapat dan terkadang guru juga biasanya menggunakan model pembelajaran kooperatif, tetapi tidak berjalan dengan maksimal; (3) Bentuk RPP yang diungkapkan dalam kegiatan pembelajaran sudah memuat model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Kesimpulan yang diperoleh bahwa menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat membuat peserta didik lebih aktif terhadap kegiatan pembelajaram serta kemampuan komunikasi matematis peserta didik dapat meningkat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lp3m

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pembelajaran Prospektif (JPP) is aimed at facilitating scholars, researchers, curriculum developers, educational practitioners, and teachers for publishing the original articles in the form of research paper, theory-based empirical paper, book review, and paper review. The topic areas are ...