Jurnal Pembelajaran Prospektif
Vol 3, No 2 (2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI UNGKAPAN PEMAPARAN JATI DIRI DI SMA

., Gusti Idris (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2019

Abstract

Pembelajaran yang dilaksanakan  di SMAN 2 Sungai Raya sangat tidak kondusif, hal ini menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa khususnya pada pelajaran Bahasa Inggris di Kelas X. Banyak siswa memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) saat dilakukan penilaian. Ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 40%. Sedangkan selebihnya memiliki nilai rendah. Pada semester ganjil siswa kelas X mempelajari Materi Ungkapan Pemaparan Jati Diri  berbahasa Inggris. Metode pengajaran yang diterapkan tentu harus mempertimbangkan kebutuhan siswa SMA. Oleh karena itu maka  guru menerapkan metode yang dapat membuat siswa memahami apa yang akan disampaikan guru. Salah satu metode yang dilakukan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada Materi Ungkapan  Pemaparan Jati Diri  di SMA adalah Melalui Model Pembelajaran Experiential Learning. Model Pembelajaran Experiential Learning adalah sebuah model holistic dari proses pembelajaran di mana manusia belajar, tumbuh dan berkembang. Penyebutan istilah experiential learning dilakukan untuk menekankan bahwa experience (pengalaman) berperan penting dalam proses pembelajaran dan membedakannya dari teori pembelajaran lainnya seperti teori pembelajaran kognitif ataupun behaviorisme. Pada pra siklus ada 15 siswa yang tuntas, kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi 24 siswa, pada siklus 2 mencapai 32 siswa. Presentase ketuntasan siswa menunjukkan pada pra siklus 43%, kemudian meningkat menjadi 69% pada siklus 1 dan menjadi 91% pada siklus 2. Maka penelitian dengan permasalahan "Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning   Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Ungkapan Pemaparan Jati Diri  Di Kelas X IPA2   SMAN 2 Sungai Raya   Tahun Ajaran 2018/2019 ", dalam proses dan jangka waktu yang tidak pendek, Model Pembelajaran Experiential Learning   ini berdampak positif bagi siswa yaitu siswa kelas X IPA2 bisa meningkatkan Prestasi Belajarnya Pada Materi Ungkapan Pemaparan Jati Diri.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lp3m

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pembelajaran Prospektif (JPP) is aimed at facilitating scholars, researchers, curriculum developers, educational practitioners, and teachers for publishing the original articles in the form of research paper, theory-based empirical paper, book review, and paper review. The topic areas are ...