Jurnal Pembelajaran Prospektif
Vol 4, No 1 (2019)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X TAV SMKN 2 PONTIANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION ( TAI)

., Siti Maryam (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2019

Abstract

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X TAV SMKN 2 Pontianak Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X TAV SMKN 2 Pontianak pokok bahasan Trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TAV SMKN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 37 siswa yang terdiri dari 17 siswa putra dan 10 siswa putri, seorang guru Matematika Kelas X TAV SMKN 2 Pontianak , dan seorang observer. Indikator keberhasilannya ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu apabila sekurang-kurangnya 70% hasil belajar siswa kelas X TAV SMKN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2015/ 2016 pokok bahasan Trigonometri sudah mencapai sekurang-kurangnya 70.Pada siklus 1 rata -rata kelasnya mencapai 67.31, siswa yang tuntas sebanyak 19 anak (51.35%) dan yang tidak tuntas sebanyak 18 anak (48.65%) dengan nilai tertinggi 98 dan nilai terendah 45. Pada siklus 1 untuk nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh belum mencapai indikator yang ditetapkan, dan untuk prosentasi ketuntasan masih dibawah indikator yang ditetapkan. Pada siklus 2 rata-rata kelasnya mencapai 75, siswa yang tuntas sebanyak 31 anak (34.78%) dan yang tidak tuntas sebanyak 6 anak (16.22%) dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 53 Pada siklus 2 hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TAV SMKN 2 Pontianak

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

lp3m

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pembelajaran Prospektif (JPP) is aimed at facilitating scholars, researchers, curriculum developers, educational practitioners, and teachers for publishing the original articles in the form of research paper, theory-based empirical paper, book review, and paper review. The topic areas are ...