Jurnal Pembelajaran Prospektif
Vol 3, No 1 (2018)

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN DOSEN

Desi Sri Astuti, Dian Shinta Sari dan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap fenomena persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran dosen IKIP Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualititatif dan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah seluruh mahasiswaProgram Studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Pontianak tahun akademik 2016-2017 yang berjumlah 395 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan randomsampling atau secara acak sehingga di peroleh sampel sebanyak 65 responden. Teknik pengumpulan data adalah, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dengan cara mengklasifikasi datadan menafsirkan isi data. Hasil penelitian persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran adalah bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh dosen dalam perkuliahan sudah variatif sehingga pelajaran dapat lebih aktif dan efektif. Dalam pelaksanaan pembelajaran seorang dosen hendaknyamemilih metode yang melibatkan secara aktif mahasiswa didalamnya sehingga pembelajaran tidak terkesan Teacher Centre.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

lp3m

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pembelajaran Prospektif (JPP) is aimed at facilitating scholars, researchers, curriculum developers, educational practitioners, and teachers for publishing the original articles in the form of research paper, theory-based empirical paper, book review, and paper review. The topic areas are ...