Jurnal Florea
Vol 7, No 2 (2020)

IMPLEMENTASI APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN

Darisman, Ambar Ismara Mula (Unknown)
Suprapto, Purwati Kuswarini (Unknown)
Putra, Rinaldi Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada materi jaringan pada tumbuhan di kelas XI MIPA salah satu SMA berada di perbatasan Kabupaten Garut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 sampai dengan bulan September 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA pada tahun 2019-2020. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil dengan teknik porposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pada materi jaringan tumbuhan sebanyak 35 soal pilihan majemuk. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t. Pada penelitian ini ditemukan peningkatan pada aspek kognitif hasil belajar terutama pada jenjang menganalisis, peningkatan ini terjadi karena aplikasi ini dikombinasikan dengan kegiatan praktikum. Selain itu, kebiasaan mencontek peserta didik dapat diminimalkan karena peserta didik terbiasa mengerjakan soal menggunakan aplikasi ini dengan randomisasi. Sehingga berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada materi jaringan tumbuhan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JF

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya with registered number ISSN 2355-6102 (Print); ISSN 2502-0404 (Online) is scientific journals which publish articles from the fields of biology and biology ...