Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui validitas media pembelajaran yang dikembangkan berupa media pembelajaran media Panel Box Listrik, 2) mengetahui respon mahasiswa terhadap penerapan media pembelajaran yang dikembangkan melalui sebaran angket. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan model ADDIE. Pengujian produk menggunakan angket responterhadap media panel box listrik yang diberikan kepada mahasiswa setelah melihat video demonstrasi di link youtube. Pengujian produk media pembelajaran menggunakan angket respon untuk mengetahui minat belajar praktikum mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran Panel Box Listrik. Media pembelajaran panel box listrik sangat layak digunakanberdasarkan penilaian validator dengan hasil validasi media menggunakan penghitungan analisis data CVI (Content Validation Index) dan CVR (Content Validation Ratio) mendapatkan skor nilai 1 pada semua aspek penilaian dari total kevalidannya dengan nilai 0.99. Responden mahasiswa terhadap media panel box listrik dikategorikan sangat baik dan positif yang diperoleh dari sebaran angket respon mahasiswa. Hasilnya dengan adanya mediapembelajaran berupa media Panel Box Listrik mahasiswa lebih bisa memahami dalam mempelajari rangkaian pada instalasi motor listrik.
Copyrights © 2020