Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS
Vol 4, No 1 (2020): Terbit 2 kali dalam setahun

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING (AMBT) SISWA KELAS VI SDN 1 WATULIWU

Suriani, Suriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca  pemahaman terutama dalam menemukan ide pokok pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Watuliwu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 17 orang yang dilaksanakan pada bulan Agustus. Sumber data penelitian adalah siswa dan guru. Jenis data yang akan dikelola adalah data kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari tes belajar dan lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktifitas guru dalam kegiatan pembelajaran. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan tekhnik deskriptif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa Kelas VI SD Negeri 1 Watuliwu pada tahun 2016/2017 sebelum diterapkan AMBT sebesar 47 merupakan ketuntasan yang rendah, masih di bawah KKM yang telah ditetapkan di sekolah sebesar 65. Hasil belajar siswa Kelas SD Negeri 1 Watuliwu setelah diterapkan strategi belajar AMBT mengalami peningkatan nilai dari hasil belajar siklus I persentase ketuntasan 65% dengan nilai rata-rata 67,2, siklus II persentase ketuntasan 88% dengan nilai rata-rata 81,1, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi AMBT dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa dalam menanggapi informasi.Kata Kunci: strategi AMBT; hasil belajar; membaca pemahaman

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JWKP-IPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS adalah jurnal yang memuat hasil penelitian ilmiah yang memiliki nuansa akademik yang inovatif dalam bidang kajian pendidikan IPS. ...