Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS
Vol 4, No 1 (2020): Terbit 2 kali dalam setahun

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS IV SDN 2 TINUKARI

Nursiah, Nursiah (Unknown)
R, La Ode Rafiuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tinukari pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI). Prosedur penelitian yaitu; (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi sedangkan data kualitatif melalui tes hasil belajar. pada siklus I siswa yang tuntas 18 siswa atau sebesar 72% dan yang tidak tuntas berjumlah 7 siswa atau 28%. Pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 22 siswa atau sebesar 88% dan yang belum tuntas berjumlah 3 siswa atau sebesar 12%. Aktivitas mengajar guru pada siklus I pertemuan pertama sebesar 70% dan pertemuan kedua sebesar 75% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 90% dan pertemuan kedua sebesar 100%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I pertama sebesar 70% dan pertemuan kedua sebesar 75% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 90% dan pertemuan kedua sebesar 100%.Kata kunci: model pembelajaran; group investigation; hasil belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JWKP-IPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS adalah jurnal yang memuat hasil penelitian ilmiah yang memiliki nuansa akademik yang inovatif dalam bidang kajian pendidikan IPS. ...