JURNAL SPASIAL
Vol 7, No 2 (2020)

PENGGUNAAN BUKU HIJAU UNTUK MEMBANGUN KEPEDULIAN LINGKUNGAN

Pratiwi, Seli Septiana (Unknown)
Rozakiyah, Desy Santi (Unknown)
Risnani, Risnani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2021

Abstract

Tujuan penelitian untuk melihat penggunaan buku hijau dalam membangun karakter kepedulian terhadap lingkungan khususmya lingkungan alam pada diri peserta didik. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Narasumber penelitian adalah pendidik yang menciptakan dan menggunakan buku hijau dalam proses pembelajaran geografi. Penelitian ini menghasilkan penggunaan buku hijau memberikan dampak positif bagi peserta didik dalam membangun perilaku kepedulian terhadap lingkungan. Peserta didik dapat melakukan aktivitas kepedulian dari tindakan yang sederhana. Tindakan kepedulian yang dilakukan peserta didik juga dilakukan pada lingkungan rumah, sehingga orangtua merasakan dan melihat perubahan sikap peserta didik. Pada dasarnya, pembelajaran dengan buku hijau termasuk pembelajaran konstruktif dimana peserta didik diarahkan untuk membangun pembelajaran secara mandiri berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Pendidik hanya berperan sebagai fasilitator ketika peserta didik menghadapi kesulitan. Penggunaan buku hijau sebagai metode pembelajaran memberikan peserta didik kebebasan untuk bereksplorasi dan mengemukakan ide-ide kreatif berkaitan dengan pelestarian lingkungan alam. Penggunaan pembelajaran melalui buku hijau memungkinkan peserta didik melakukan analisis terhadap masalah yang berkaitan dengan pelestarian alam. Hasil analisis yang diperoleh dijadikan landasan untuk membuat kegiatan kepedulian lingkungan baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

spasial

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Earth & Planetary Sciences Education Social Sciences

Description

Jurnal Spasial merupakan media publikasi ilmiah dengan skop jurnal adalah penelitian dan terapan ilmu geografi serta pendidikan geografi yang direview oleh dewan redaksi secara objektif dan diterbitkan dalam 4 kali setahun (Maret, Juni, September dan Desember). Fokus jurnal Spasial adalah untuk ...