Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 8, No 2 (2020): VOLUME 8 NOMOR 2 DESEMBER 2020

PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTI REPRESENTASI (DMR) DENGAN SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS

Siti Rukiyah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Rany Widiyastuti (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Andi Thahir (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy berbatuan Sparkol videoscribe terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen menggunakan 3 kelompok yaitu kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Diskursus Multy Representasi berbantuan sparkol videoscribe, kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran Diskursus Multy Representasi, dan kelas eksperimen 3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional yang masing-masing dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan representasi matematis yang meliputi 3 aspek, yaitu representasi visual, simbolik, dan verbal. Teknik analisis data menggunakan komparasi secara statistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran DMR berbantuan sparkol videoscribe sama baiknya dengan model pembelajaran DMR terhadap kemampuan representasi matematis. Model pembelajaran DMR lebih baik dari model pembelajaran konvenional terhadap kemampuan representasi matematis. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...