Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 8, No 2 (2020): VOLUME 8 NOMOR 2 DESEMBER 2020

ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PADA PRAKTIKUM MENGGUNAKAN E-MODUL

Retno Wulan Dari (Jambi University)
Neng Ria Nasih (Jambi University)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2020

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu mengetahui tingkat keterampilan proses sains mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi pada praktikum Pembiasan pada prisma fisika dasar terhadap penggunaan e-modul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan  Oktober tahun 2019. Jumlah sampel pada penelitian ini ialah seluruh mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2018 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel, yaitu total sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini ialah lembar observasi keterampilan proses sains yang sudah divalidasi. Data keterampilan proses sains yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka diketahui. Pada penelitian Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi pada praktikum pembiasan pada prisma dengan menggunakan e-modul memperoleh hasil sangat baik hal ini dapat dilihat dari hasil persentase setiap indikator. pengunaan e-modul dapat meningkatkan tingkat keterampilan proses mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan prtaktikum

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...