GARIS Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur
Vol 5, No 3 (2020)

PENERAPAN ARSITEKTUR BIOKLIMATIK PADA GEDUNG PUSAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KOTA KENDARI

Lambau, Putri Meity (Unknown)
Nurjannah, Irma (Unknown)
Rosyidah, Sitti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2021

Abstract

ABSTRAKDisaat ini kesadaran masyarakat terlebih para orang tua dalam memberikan perhatian kepada tumbuh kembang anakanaksangat meningkat. Hal ini tercermin pula dalam peningkatan kesadaran dan kepedulian para orang tua untukmendapatkan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak. Hal ini sudah dimulai dari jenjang pendidikan yang paling awalyaitu play group dan taman kanak-kanak. Dikota kendari khususnya tingginya angka kelahiran anak dan minatanakterhadap Pendidikan Anak Usia Dini, dan sebagian lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dikota kendari masih kurangdalam hal sarana dan prasarana yang tidak berimbang terhadap program layanan yang dibuat. Demikian adanya PusatPendidikan anak usia dini di Kendari ditunjang dengan fasilitas yang memenuhi standar, memadai, dansesuai denganmetode belajar yang ideal bagi anak dengan program layanan terdiridari Taman penitipan anak ( bayi usia 3 bulan-2 tahun),Kelompok bermain (anakusia 2-4 tahun), Taman kanak-kanak (anak usia 4-6 Tahun)Pendekatan Arsitektur Bioklimatikdigunakan sebagai metode pendekatandesain. Konsep arsitektur bioklimatik diharapkan dapat mampu menyatukanruangdan lingkungan fisik yang ramah tehadap anak-anak.Kata kunci: Pendidikan, anak-anak, arsitektur bioklimatikABSTRACTAt this time, public awareness, especially parents in paying attention to the growth of children is greatly increased. Thisis also reflected in the increasing awareness and concern of parents to get the best education for children. This has startedfrom the earliest level of education, namely play groups and kindergartens. In the city kendari especially high child birthrate and children's interest in Early Childhood Education, and some early childhood education institutions in the citykendari still lacking in terms of facilities and infrastructure that are notbalanced against the service program created.Thusthe center of early childhood education in Kendari is supported by facilities that meet standards, adequate, and inaccordance with the ideal learning methods for children with service programs consisting of daycare parks (infants aged 3months-2 years), play groups (children aged 2-4 years), kindergartens (children aged 4-6 years) Bioclimatic ArchitectureApproach is used as a method of design approach. The concept of bioclimatic architecture is expected to be able to unitethe space and physical environment that is friendly to children.Keywords: Education, children, bioclimactic architecture

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

GARIS

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

GARIS adalah e-jurnal mahasiswa Jurusan Arsitektur terbitan Jurusan Arsitektur Universitas Halu Oleo. E-jurnal terbit tiga kali dalam setahun, merupakan media pendokumentasian dan publikasi karya tulis ilmiah yang berisikan hasil rancangan, teori, dan telaah ilmu ...