Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA 3 setelah diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning, dan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui respon siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi pokok Asam Basa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Pra-Eksperimen dengan One group Pretest Postest Design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 29 orang siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Loghia. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir soal dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 setelah penerapan pembelajaran discovery learning sebesar 79,31. Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam proses pembelajarn cukup efektif dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,6829 masuk dalam kategori sedang. Dengan respon siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning tergolong dalam kategori sangat baik sebesar 83,62 %.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020