Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo
Vol 5, No 3 (2020): Edisi Desember

Pengaruh Strategi Daily Chem Quiz Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Wiwirano Pada Materi Asam Basa

Angga Putra, Upi Heri (Unknown)
Tewa, Yuniati (Unknown)
Marhadi, Muhammad Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2020

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas eksperimen di SMAN 1 Wiwirano pada materi asam basa. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas kontrol di SMAN 1 Wiwirano pada materi asam basa. (3) Untuk mengetahui pengaruh strategi Daily Chem Quiz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di SMAN 1 Wiwirano pada materi asam basa. (4) Untuk mengetahui respon siswa SMAN 1 Wiwirano terhadap penerapan strategi Daily Chem Quiz pada materi asam basa. Metode penelitiannya adalah Quasi experiment merupakan eksperimen yang mempunyai unsur perlakuan, pre-test, dan post-test tetapi tidak mengambil sampel secara random. Pembandingan tergantung pada kelompok-kelompok non-ekuivalen. Metode quasi eksperiment yang digunakan adalah non equivalent control group design karena tidak mengacak kelas-kelas yang telah ada di tempat penelitian sehingga kelompok yang dibandingkan mengambil dari kelas-kelas yang telah ada. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1) Hasil Belajar siswa SMA Negeri 1 Wiwirano pada kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning dengan bantuan strategi daily chem quiz pada materi asam basa diperoleh nilai rata-rata 67,20.   (2) Hasil Belajar siswa SMA Negeri 1 Wiwirano pada kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning pada materi asam basa diperoleh nilai rata-rata 60,00. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan strategi daily chem quiz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wiwirano pada materi Asam Basa. (4) Respon siswa mengenai Strategi daily chem quiz diperoleh siswa yang memberi respon sangat baik presentase 24% dan yang memberi respon dengan kategori baik presentase 76% sehingga berdasarkan respon siswa yang diperoleh Strategi daily chem quiz dapat digunakan sebagai bantuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpkim

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Univertsitas Halu Oleo terbit 3 kali setahun yaitu April, Agustus dan Desember setiap tahunnya, dengan menerbitkan artikel ilmiah hasil-hasil penelitian Pendidikan Kimia dan juga Kimia Terapan. Artikel yang akan dimuat dalam pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo ...