Pembelajaran saintifik yang akan dilakukan oleh mahasiswa diharapkan kedepan mampu mengoptimalkan kreativitas berpikir dan keterampilan proses sains sehingga meningkatkan hasil belajar yang optimal. Target dalam penelitian ini adalah  memperbaiki pengelolaan pembelajaran Biologi melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang terintegritas dan memberi kesempatan yang luas kepada mahasiswa untuk berpikir secara kritis, analisis dan tepat dalam memecahkan masalah sehingga dapat melahirkan mahasiswa yang cerdas produktif  kreatif, inovatif dan mempunyai keseimbangan antara akhlak, pengetahuan dan kecakapan. Penelitian ini akan fokus  untuk mengkaji perbedaan kemampuan berpikir kreatif, keterampilan proses sains dan penguasaan konsep mahasiswa yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan metode diskusi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester ganjil universitas Gunung Leuser Aceh berjumlah 40 orang. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 orang dan kelas VIIB sebagai kelas control dengan jumlah 20 orang. Metode dalam penelitian ini merupakan metode eksperimen. Data hasil belajar diperoleh menggunakan tes. Data kemampuan berpikir kreatif diperoleh dengan angket (kuesioner) dan data keterampilan proses sains diperoleh dengan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan statistic dengan uji-t (independen t-test). Berdasarkan analisis data dan hipotesis yang diajukan dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran Fisiologi hewan (thitung = 3,65 > ttabel = 2,03). (2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada pembelajaran Fisiologi hewan ((thitung = 7,82 > ttabel = 2,03). (3) Terdapat perbedaan keterampilan proses sains mahasiswa pada pembelajaran Fisiologi hewan (thitung = 4,03 > ttabel = 2,03). Kata Kunci : Saintifik, Kemampuan berpikir kreatif, Keterampilan Proses Sains, Penguasaan konsep
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019