Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019

Respon Siswa terhadap Pemberian Bantuan melalui Pertanyaan Guru Berbasis Teori Vygotsky pada Pembelajaran Matematika di Kelas IX

Venizuwella Venizuwella (Universitas Syiah Kuala)
Suryawati Suryawati (Universitas Syiah Kuala)
Cut Morina Zubainur (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 May 2019

Abstract

Pembelajaran selalu bertujuan untuk mencapai hasil belajar sekurang-kurangnya sesuai dengan batas minimun yang telah ditetapkan. Faktor penentu hasil belajar tidak hanya berdasarkan kemampuan siswa, ada beberapa hal lain diantaranya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, serta penggunaan strategi guru dalam pembelajaran. Alternatif yang dapat digunakan yaitu pemberian bantuan (Scaffolding) yang didasarkan pada teori Vygotsky untuk membantu siswa pada tahap awal pembelajaran dan mengarahkan siswa hingga dapat menyelesaikan permasalahan secara mandiri. Sesuai dengan teori Vygotsky pemberian bantuan yang diberikan salah satunya melalui pertanyaan guru baik yang bersifat konvergen maupun divergen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui respon yang diberikan siswa terhadap pemberian bantuan melalui pertanyaan guru. Subjek dalam penelitian ini adalah empat siswa kelas IX MTsN 1 Banda Aceh. Pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan respon siswa terhadap pertanyaan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa oembelajaran berlangsung efektif ditandai dengan respon yang diberikan siswa rata-rata adalah respon positif. Kata Kunci:     Pemberian bantuan, Konvergen dan Divergen, Teori Vygotsky.

Copyrights © 2019