Anak usia dini memerlukan upaya pendidikan demi mencapai optimalitas suatu bentuk perkembangan, baik itu fisik ataupun psikis dan intelektual,emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan perkembangan keterampilan motorik kasar anak usia dini di TK FKIP Unsyiah Tahun Ajaran 2019.Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan uji persentase. Populasi  penelitian ini adalah murid TK FKIP Unsyiah. Adapun mengingat jumlah populasi terlalu banyak maka sampel  dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Random Sampling yaitu menggambil sebanyak 33 murid. Pengumpulan data dilakukan dengan  tes Melompat, Melempar, Menangkap bola, Menendang, dan Berlari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Peneliti menggunakan statistik dalam bentuk rata-rata dan Presentase kemampuan Berlari berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 51,5% dengan jumlah 17 murid dari 33 murid. kemampuan Melompat berada pada kategori Mulai Berkembang (MB) 45,4% dalam jumlah 15 murid dari 33 murid. Kemampuan Menangkap berada pada kategori Mulai Berkembang (MB) 33,4%  dengan jumlah 11 murid dari 33 murid. Selanjutnya kemampuan melempar ada pada kategori Mulai Berkembang (MB) 48,5% dengan jumlah 16 murid dari 33 murid, dan Selanjutnya kemampuan menendang berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 51,5% dengan jumlah 17 murid dari 33 murid. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan perkembang keterampilan motorik kasar anak Usia Dini tahun ajaran 2019 Banda Acehberada pada kategori baik.Kata Kunci: Perkembangan Motorik Kasar, Anak Usia Dini
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019