Journal of Teaching and Learning Physics
Vol 6, No 1 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2021)

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS FISIKA SISWA SMA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS DI MASA PANDEMI COVID-19

Farikhatul Mukharomah (Universitas Negeri Semarang)
Wiyanto Wiyanto (Universitas Negeri Semarang)
Ngurah Made Darma Putra (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 yang tidak maksimal memberikan dampak terhadap kemampuan literasi sains, termasuk literasi sains fisika. Terlebih fakta di Indoensia, kemampuan literasi sains siswa masih rendahmenurut hasil PISA. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan awal literasi sains fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Jepara di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 71 siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Jepara. Data dikumpulkan dengan wawancara dan tes secara online. Domain kemampuan literasi sains yang diukur adalah domain kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains fisika siswa pada materi kinematika gerak lurus pada domain kompetensi sebesar 57,50% masih dalam kategori pencapaian “rendah”. Oleh sebab itu, kemampuan literasi sains fisika siswa perlu ditingkatkan. Salah satu faktor rendahnya kemampuan literasi sains fisika ini adalah proses pembelajaran daring yang belum menerapkan kegiatan praktikum. Maka dari itu, upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi sains fisika tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan kegiatan praktikum berbasis literasi sains secara daring

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtlp

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics is a peer-reviewed journal on Physics Education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Departement of Physics Education Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati ...