Journal of Teaching and Learning Physics
Vol 6, No 1 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KOSAJI TERHADAP ASPEK KOGNITIF FISIKA PESERTA DIDIK

Rumansyah Rumansyah (Universitas Islam Negeri Mataram)
Kurniawan Arizona (UIN Mataram)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Aspek kognitif merupakan ranah yang paling disoroti oleh pendidik. Perlu adanya model pembelajaran yang tepat untuk menghantarkan peserta didik meraih hasil belajar kognitif yang tinggi. Salah satu model pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk meraih aspek kognitif yang baik adalah model pembelajaran koopertaif tipe KOSAJI. Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif  tipe KOSAJI terhadap hasil belajar kognitif. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan desain pretest posttest group design. Populasi penelitian adalah 260 peserta didik kelas X di salah satu SMA negeri di Kota Mataram yang tersebar pada 7 kelas. Sampel penelitian berjumlah 116 peserta didik, terbagi menjadi 3 kelas dengan teknik pengambilan cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kognitif yang diberikan pada awal dan akhir penelitian. Data hasil penelitian dianalisis dengan Anava satu jalur dilanjutkan dengan uji Tukey HSD untuk melihat model pembelajaran yang memiliki pengaruh paling nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model pembelajaran kooperatif tipe KOSAJI berpengaruh terhadap aspek kognitif fisika peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtlp

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics is a peer-reviewed journal on Physics Education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Departement of Physics Education Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati ...