ABSTRAKPenelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifitas penggunaan e-learning berbasis google classroom terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah E-Learning. Penelitian ini menggunakan mixed method yang menggabungkan metode penelitian kuantitatif dengan kualitatif secara berurutan, dimana pada tahap pertama menggunakan metode kuantitatif dan tahap kedua dengan metode kualitatif. Dimulai dari persiapan penelitian yaitu observasi dan metode wawancara sampai ke analisis data yang berupa kuisioner atau angket respon mahasiswa dan tes hasil belajar. Desain penelitian kuantitatif yang digunakan adalah true-experimental design yaitu posttest-only control design dengan uji hipotesis menggunakan t-test untuk mengukur hasil belajar mahasiswa. Sedangkan deskriptif kualitatif digunakan untuk memahami keefektifan penggunaan google classroom terhadap hasil belajar matematika mahasiswa. Hasil uji t-test didapat bahwa H1=2,60 dan H0=1,71 dengan kriteria 2,60 > 1,71 maka hasil hipotesis postest disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan e-learning berbasis google classroom dengan yang menggunakan media konvensional. Hasil survei deskriptif diperoleh bahwa Google Classroom efektif dalam pembelajaran e-learning. Terbukti dari analisis kuisioner respon mahasiswa positif dengan rata-rata memilih setuju. Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa mahasiswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan e-learning berbasis google classroom pada mata kuliah e-learning program studi pendidikan matematika di FKIP Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti, partisipasi mahasiswa pada mata kuliah e-learning ada pada kategori baik, karena adanya timbal balik antara dosen dengan mahasiswa. Hal ini membuktikan bahwa efektifitas belajar menggunakan google classroom sangat mendukung terhadap hasil belajar mahasiswa.
Copyrights © 2021