Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol 7, No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL PADA MATA KULIAH CNC DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

Nopkah Safrendi (Unknown)
Imam Syofii (Unknown)
Darlius Darlius (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2020

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini berjudul Pengembangan Media Pembelajaran Modul  Pada Mata Kuliah CNC di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Modul pada mata kuliah CNC  yang dihasilkan telah valid dan praktis. Kevalidan Modul dilihat dari validasi desain dan validasi materi Modul. Persentase yang didapatkan dalam validasi materi ini sebesar 83,07 % masuk ke katagori sangat valid dan dari validasi media persentase yang di dapatkan sebesar 75% yang termasuk dalam katagori valid untuk kandungan isi materi. Berdasrkan tahapan validasi tersebut dapat disimpulkan Modul pada mata kuliah CNC yang dihasilkan sudah valid. Dari segi kepraktisan Modul dilihat melalui angket pada tahap Uji coba lapangan awal. Pada tahap uji coba lapangan awal diperoleh persentase skor angket sebesar 82,34%, persentase ini berada dalam rentang 81%-100% yang termasuk dalam kategori sangat baik/sangat praktis, sehingga dapat disimpulkan Modul CNC dasar ini tergolong praktis.                        Kata Kunci :Modul, CNC, Valid, Praktis

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ptm

Publisher

Subject

Automotive Engineering Education Engineering Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN: Kajian Teori dan Praktik Pembelajaran Teknik Mesin, merupakan Berkala yang terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis-kritis di bidang pembelajaran teknik ...