Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 21, No 1 (2021)

Analisis Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas IV SDN 16 Cakranegara

Ni Putu Kusumayanti (Prodi PGSD FKIP Universitas Mataram)
Khairunisa Khairunisa (Prodi PGSD FKIP Universitas Mataram)
Ilham Syahrul Jiwandono (Prodi PGSD FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter pada siswa kelas IV SDN 16 Cakranegara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IVA dan guru kelas IVB (sumber data primer), serta dokumen-dokumen tertulis (sumber data sekunder). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa karakter belum tampak pada siswa adalah peduli lingkungan, gemar membaca, disiplin, mandiri, dan rasa ingin tahu sehingga strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter adalah strategi pembelajaran, kegiatan pembiasaan, keteladanan, penguatan dengan memasang spanduk atau banner yang mencanangkan pendidikan karaker, dan kegiatan ekstrakurikuler.

Copyrights © 2021