Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, ranahafektif, dan ranah psikomotorik siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKGanesha Tama Boyolali melalui penerapan model pembelajaran team games tournament. Subjekpenelitian adalah iswa kelas XI TGB SMK Ganesha Tama Boyolali mata pelajaran Gambar Interiordan Eksterior Bangunan Gedung. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk datapenilaian ranah afektif dan psikomotorik serta dengan teknik tes untuk data penilaian kemampuanpengetahuan siswa ranah kognitif. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif yangmenampilkan data statistik dengan penjelasan berupa deskripsi. Hasil penelitian adalah sebagaiberikut. Pertama, Hasil belajar pada ranah kognitif mengalamai peningkatan, pada siklus Imengalami peningkatan dari Pratindakan yaitu hasil belajar ranah kognitif meningkat sebesar 70%atau 14 siswa dari pra tindakan. Dan Siklus II juga terjadi peningkatan dari siklus sebelumnya yaituhasil belajar ranah kognitif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 6,81% atau 3 siswa.Kedua, Hasil ranah afektif siklus I juga mengalami peningkatan sebesar 45% atau 9 siswa dari pratindakan. Sedangkan untuk hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar17,27% atau 5 siswa. Ketiga, Hasil belajar pada ranah psikomotorik mengalami peningkatan daripratindakan yaitu sebesar 85% atau 17 siswa. Dan siklus II untuk hasil belajar ranah psikomotorikmengalami peningkatan dari siklus I sebesar 1,36 % atau 2 siswa.
Copyrights © 2019