Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 9, No 2 (2020)

Karakteristik Peserta Didik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an dan Hadits

Noor Amirudin (Mahasiswa Program Doktoral UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Suaib Muhammad (Mahasiswa Program Doktor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Samsul Ulum (Mahasiswa Program Doktor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2020

Abstract

Peserta didik sebagai manusia yang dilahirkan telah mempunyai potensi yang harus senantiasa ditumbuh kembangkan secara optimal dan terpadu melalui  proses  pendidikan, baik dari orang tuanya maupun lingkungan disekitarnya termasuk dalam bangku sekolah.  Latar belakang tersebut  menjadi alasan,  yang diharapkan peserta didik mampu mengembakan karakter pada dirinya. Sedangkan karakter diri pada mereka selalu dipengaruhi oleh faktor-faktor  dari di  dalam  dan  luar  dirinya.  Dalam  pendidikan  Islam,  faktor-faktor  tersebut  secara sinergi  dan  terpadu  mempengaruhi  keberhasilan  proses  pendidikan.  Pada  aktivitas pendididikan,  baik  pendidikan  umum  maupun  yang  berbasis  Islam,  pada  umumnya memiliki sumber-sumber norma sebagai landasan berpijak. Pendidikan Islam memiliki landasan utama sebagai aktivitas normatif, yaitu bersumber pada al-Qur’an dan Hadits. Karakteristik peserta didik yang ideal perspektif al-Qur’an dan Hadits dapat dilihat dari sifat mereka, yaitu niat karena Allah, sabar, ikhlas, jujur, tawadhu’, qana’ah, toleran, tha’at, tawakkal, khauf dan raja, dan syukur.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Tadarus

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

TADARUS is a Islamic education journal published by UMSurabaya Publishing, Muhammadiyah Surabaya University. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on Islamic education from a multidisciplinary perspective, create innovative concepts, theories, paradigms ...