Penelitian ini memberikan gambaran mengenai peran sentral orang tua dalam membantu belajar anak di masa pandemi covid-19. Pembelajaran di rumah tidak akan dapat berjalan efektif tanpa dukungan dan partisipasi aktif orang tua dalam membantu belajar anak. Penelitian ini bisa dijadikan pedoman bagi orang tua yang merasa kesulitan dalam membantu belajar anak di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Prosedur penelitian diawali dengan mengumpulkan sejumlah informasi yang relevan dengan masalah yang diteliti kemudian direduksi dan dianalisis sehingga mendapatkan kesimpulan yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam membantu anak ada lima yaitu fasilisator, pendamping, guru atau pembimbing, motivator dan director atau pengarah. Kelima peran tersebut harus dijalankan orang tua dengan baik sehingga pembelajaran dari rumah memiliki keefektifan yang sama dengan pembelajaran di sekolah.
Copyrights © 2021