Journal of Japanese Language Education and Linguistics
Vol 5, No 1 (2021): Februari

Interaksi Dosen-Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bahasa Jepang

Budiani, Dini (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2021

Abstract

Menyebarnya wabah Covid-19 di seluruh dunia menimbulkan dampak yang menyebabkan banyak universitas terpaksa mengubah sistem belajar menjadi pembelajaran daring. Namun muncul keraguan mengenai pelaksanaannya, terutama mengenai partisipasi dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini, penulis ingin mencari tahu bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring Bahasa Jepang dilihat dari interaksi yang terjadi antara dosen dan mahasiswa. Untuk itu, dilakukan observasi pada 6 mata kuliah keterampilan Bahasa Jepang yang dilaksanakan pada platform aplikasi pembelajaran Google Classroom. Data penelitian diambil dari ujaran dosen dan mahasiswa pada bagian stream dan classwork aplikasi Google Classroom selama bulan April 2020. Berdasarkan hasil analisa coding dan kategorisasi terhadap data tersebut, ditemukan bahwa interaksi yang terjadi antara dosen dan mahasiswa cenderung bersifat prosedural di mana dosen memberikan instruksi mengenai pelaksanaan pembelajaran, tugas dan ujian. Selain itu terlihat juga upaya untuk menjaga hubungan sosial antar dosen dan mahasiswa. Walaupun interaksi tersebut penting dalam pembelajaran, namun hal ini tidak secara langsung bermanfaat bagi peningkatan pemahaman dan kemampuan Bahasa Jepang mahasiswa. Dibutuhkan usaha agar interaksi bersifat kognitif muncul dalam pembelajaran dengan membuka ruang diskusi dan pemberian feedback secepatnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jjlel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Japanese Language Education and Linguistics (JJEL) is an online journal, open access peer review journal, published twice a year every February and August. This journal is for all contributors who are concerned with research related to the study of Japanese language education and Japanese ...