Educational Guidance and Counseling Development Journal
Vol 3, No 2 (2020): EGCDJ

Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning untuk Mengurangi Burnout Belajar Pada Perkuliahan Bimbingan dan Konseling Keluarga di Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Bengkulu

Anna Ayu Herawati (Universitas Bengkulu)
Vira Afriyati (Unknown)
Suci Habibah (Unknown)
Cici Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih belum optimalnya pembelajaran di kelas dengan metode ceramah, Mahasiswa mengalami kejenuhan belajar yang disebut dengan burnout belajar. Upaya yang dilakukan dalam mengurangi tingkat burnout belajar mahasiswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis blended learning untuk mengurangi tingkat burnout belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa BK UNIB semester 3B. Instrument penelitian yang digunakan adalah skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis blended learning efektif untuk mengurangi burnout belajar mahasiswa. Implikasi hasil penelitian ini adalah dapat dijadikan bahan masukan bagi dosen untuk memanfaatkan media pembelajaran berbasis blended learning dalam perkuliahan. Kata kunci: Burnout Belajar, Blended Learning.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

EGCDJ

Publisher

Subject

Education

Description

Educational Guidance and Counseling Development Journal (EGCDJ) (E ISSN 2614-8358) (P ISSN 2615-3661) merupakan wadah untuk menampung berbagai artikel penelitian dan konsep pemikiran mutakhir tentang bimbingan konseling. Jurnal ini menjadi wadah bagi semua Tenaga Kependidikan, Ahli, Praktisi, dan ...