JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 5, No 1 (2021)

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (REVISI) DI SEKOLAH MENEGAH ATAS PADA MATA PELAJARAN PEMINATAN

DEDI MULYADI (Universitas Islam Nusantara Bandung)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang implementasi kurikulum 2013 (revisi) disekolah menengah atas pada peminatan IPS di Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif merupakan penelitian interpretatif,  deskriptif analisis yakni dengan cara mendeskripsikan kata-kata yang kemudian disusul dengan analisis dan pada umumnya untuk memaknai data yang berupa teks atau gambar. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa perencanaan kurikulum, sekolah mengadakan dan mengirim guru-gurunya untuk mengikuti seminar, workshop, studi banding, lokakarya serta melalui kajian tentang KTSP dalam forum musyarah guru mata pelajaran (MGMP). Pelaksanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum dilakukan oleh guru-guru bidang studi dengan prinsip selalu bekerjasama dan saling mendukung antara guru dengan pimpinan, guru sesame guru, guru dengan pegawai lainnya. yang bertanggung jawab penuh terhadap terlaksananya program kurikulum ini adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Evaluasi program kurikulum, dilakukan untuk melihat ketercapaian program kurikulum dan sebagai bahan masukan untuk membuat program kurikulum kedepannya. Evaluasi program kurikulum dilakukan oleh sekolah dan kementrian agama propinsi dalam bentuk pengawasan sekolah termasuk program kurikulumnya. Evaluasi dilakukan juga dalam bentuk akreditasi sekolah dan audit sekolah.  Dampak pelaksanaan kurikulum, dengan model pembelajaran yang berbasis kompetensi yang dimiliki dapat meningkatkan keaktifan dan mengaktualisasikan kemampuan diri sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...