Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran materi bangun ruang berbasis etnomatematika yang layak dan untuk menguji efektifitas modul pembelajaran siswa kelas 2 sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall. Tahap uji coba lapangan dilaksanakan pada SD Plus Darul Ulum dengan memberikan modul pembelajaran materi bangun ruang berbasis etnomatematika kepada 6 siswa dan 1 guru. Tahap uji coba lapangan diujicobakan pada kelas 2C yang terdiri dari 26 siswa dan 1 guru. Tahap uji coba produk operasional diujicobakan pada kelas eksperimen yang terdiri dari 26 siswa kelas 2A dan pada kelas kontrol terdiri dari 26 siswa kelas 2B. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi, angket, dan tes kemampuan matematis. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan sampel independen t test dengan tingkat signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran materi bangun ruang berbasis etnomatematika dikategorikan “sangat baik†oleh ahli materi dan kategori “baik†oleh ahli modul pembelajaran. Terdapat perbedaan kemampuan matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penggunaan modul pembelajaran materi bangun ruang berbasis etnomatematika dengan p < 0,05 dan juga ada peningkatan yang signifikan dengan p = 0,0000. Hasil observasi sikap peduli lingkungan pada kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Modul pembelajaran yang dikembangkan dapat dijadikan panduan atau contoh dalam membuat modul dengan materi yang berbeda.Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Etnomatematika, Kemampuan Matematis, Peduli Lingkungan Abstract: This study aims to produce a feasible ethnomatematics-based building material learning module and to test the effectiveness of the learning module for grade 2 elementary school students. This research is a development research using the Borg & Gall model. The field trial phase was carried out at SD Plus Darul Ulum by providing an ethno-mathematics-based learning module for space building materials to 6 students and 1 teacher. The field trial stage was piloted in class 2C which consisted of 26 students and 1 teacher. The operational product trial stage was tried out in the experimental class consisting of 26 class 2A students and in the control class consisting of 26 class 2B students. Data collection using interview guidelines, observation, questionnaires, and mathematical ability tests. The data were then analyzed using an independent sample t test with a significance level of 0.05. The results showed that the ethnomatematics-based building material learning module was categorized as "very good" by the material expert and "good" category by the learning module expert. There was a difference in students' mathematical abilities between the experimental class and the control class after using the ethnomatematics-based building material learning module with p <0.05 and there was also a significant increase with p = 0.0000. The results of the observation of environmental care attitudes in the experimental class were higher than the control class. The learning module developed can be used as a guide or an example in making modules with different materials.Keywords: Learning Modules, Ethnomatematics, Mathematical Abilities Environmental Care
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021