Indikator: Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis
Vol 4, No 3 (2020)

PENGARUH PELATIHAN, MOTIVASI KERJA, DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU

Gutara, Mohamad Yudha (Unknown)
pogo, Tajuddin (Unknown)
Pramudena, Sri Marti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisa apakah ada pengaruh antara pelatihan terhadap kinerja guru, motivasi kerja terhadap kinerja guru, kompetensi profesional terhadap kinerja guru, serta pelatihan, motivasi kerja, dan kompetensi profesional secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory research, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh dengan jumlah 70 responden atau seluruh populasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK GP dengan objek penelitian yaitu guru yang mengajar di sekolah tersebut. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan regresi liner berganda, uji parsial, uji simultan, uji koefisien determinasi, dan uji korelasi antar dimensi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelatihan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Motivasi kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Kompetensi profesional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Pelatihan, motivasi kerja, dan kompetensi profesional secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru dengan pengaruh dari ketiga variabel tersebut sebesar 70% dari hasi nilai R atau koefisien determinasi sebesar 0,700.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

indikator

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

INDIKATOR is a scientific journal of management and business published three times a year in January, April and August. The journal scope and focus are human resource management, marketing and ...