Visipena
Vol 11 No 2 (2020)

PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN KOMPETENSI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DI UNIVERSITAS SWASTA

Muji Rahayu (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tjutju Yuniarsih (Universitas Pendidikan Indonesia)
Disman Disman (Universitas Pendidikan Indonesia)
Janah Sojanah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Iman Sidik Nusannas (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dyhah Mutmainnah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Saptono Kusdano Waskito (Politeknik Pos Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

This study aims to determine the effect of servant leadership on organizational commitment. The population is a lecturer in the Management Program of a Private University in Bandung. The sample consisted of 102 lecturers. Data collection was carried out through questionnaires. The data obtained were processed using simple linear regression. The results show that servant leadership has a positive and significant influence on organizational commitment. The higher the level of servant leadership application, the higher the level of organizational commitment possessed by the lecturer. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servant leadesrship terhadap komitmen organisasional. Populasi adalah dosen Program Studi S1 Manajemen Universitas Swasta di Bandung. Sampel terdiri dari 102 dosen. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa servant leadership dan kompetensi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional secara parsial dan simultan. Ini menunjukkan bahwa makin baik tingkat penerapan servant leadership, makin tinggi tingkat komitmen organisasional dan makin tinggi kompetensi yang dimiliki oleh dosen makin tinggi tingkat komitmen organisasional dosen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

visipena

Publisher

Subject

Education

Description

Articles to be published on Visipena should follow the focus and scope of this journal. The scope of this journal is ...