Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 6 No. 1 (2021): May

Pengembangan Bahan Ajar Fisika Eksperimen Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Penguasaan Scientific Method Calon Guru.

Sutrio Sutrio (Universitas Mataram)
Ahmad Harjono (Universitas Mataram)
Hairunisyah Sahidu (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
20 May 2021

Abstract

Mahasiswa calon guru fisika memiliki peranan penting yang sangat strategis dalam memperbaiki proses pembelajaran fisika di sekolah pada masa yang akan datang. Salah satu kelemahan proses pembelajaran di sekolah masih kurangnya penanaman nilai dan semangat Scientific Method. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata kuliah Fisika Eksperimen berbasis proyek yang dapat meningkatkan penguasaan Scientific Method mahsiswa.  Bahan ajar ini dikembangkan untuk membantu mahasiswa calon guru dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan penguasaan scientific method. Metode penelitian yang digunakan dalam mengembangkan bahan ajar ini adalah metode Research and Development (R&D).  Untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dilakukan validasi bahan ajar oleh ahli, respon mahasiswa terhadap bahan ajar dan analisis penguasaan scientific method mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran, memenuhi uji validasi oleh ahli untuk komponen kelayakan isi, penyajian dan kebahasaan dengan kategori baik. Respon mahasiswa terhadap bahan ajar sangat baik, mudah dipahami dan layak untuk digunakan. Bahan ajar yang diuji cobakan dalam pembelajaran Fisika Eksperimen mampu meningkatkan penguasaan scientific method mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...