Gaya hidup halal belakangan ini memang tengah melanda dunia, termasuk Indonesia. Salah satu produk halal yang ikut berkembang di Indonesia yaitu produk kosmetik. Adanya fenomena tersebut berdampak kepada meningkatnya pembelian kosmetik halal. Dengan semakin banyaknya perusahaan kosmetik yang muncul di Indonesia maka persaingan dalam bisnis kosmetik semakin ketat. Untuk dapat memenangkan persaingan agar tidak ditinggalkan konsumen, para produsen harus mengikuti faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi keputusan pembelian konsumen atas suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengidentifikasi karakteristik responden, dan (2) menganalisis faktor-faktor keputusan pembelian produk kosmetik berlabel halal di Pekalongan. Penelitian menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor dan Net Promoter Score (NPS). Hasil penelitian ini menemukan bahwa ada tiga kelompok faktor baru keputusan pembelian kosmetik halal yaitu faktor individu, konsep diri dan sosial-budaya. Sebanyak 42% responden cenderung akan merekomendasikan produk kosmetik yang dipakainya kepada orang lain.
Copyrights © 2021