Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman
Vol 7 No 1 (2021): Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman

Analisis Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal di Pekalongan

Nur Kholidah (Unknown)
Muhammad Arifiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2021

Abstract

Gaya hidup halal belakangan ini memang tengah melanda dunia, termasuk Indonesia. Salah satu produk halal yang ikut berkembang di Indonesia yaitu produk kosmetik. Adanya fenomena tersebut berdampak kepada meningkatnya pembelian kosmetik halal. Dengan semakin banyaknya perusahaan kosmetik yang muncul di Indonesia maka persaingan dalam bisnis kosmetik semakin ketat. Untuk dapat memenangkan persaingan agar tidak ditinggalkan konsumen, para produsen harus mengikuti faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi keputusan pembelian konsumen atas suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengidentifikasi karakteristik responden, dan (2) menganalisis faktor-faktor keputusan pembelian produk kosmetik berlabel halal di Pekalongan. Penelitian menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor dan Net Promoter Score (NPS). Hasil penelitian ini menemukan bahwa ada tiga kelompok faktor baru keputusan pembelian kosmetik halal yaitu faktor individu, konsep diri dan sosial-budaya. Sebanyak 42% responden cenderung akan merekomendasikan produk kosmetik yang dipakainya kepada orang lain.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

WahanaIslamika

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman (Print ISSN 2599-2929; Online 2614-1124) has been published by the Sekolah Tinggi Agama Islam Al Husain (STAIAH) Magelang. Wahana Islamika is published twice a year in April and October, the contents are scientific writings Islamic studies both in the fields ...