JEPA (Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis)
Vol 5, No 1 (2021)

Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Tingkat Penjualan Produk Minuman Aloevera Sp. di Kota Pontianak (Studi Kasus pada IKM I Sun Vera)

Hamidah Hamidah (Manajemen Perkebunan, Politeknik Negeri Pontianak)
Dody Radiansah (Manajemen Perkebunan, Politeknik Negeri Pontianak)
Muflihah Ramadhia (Manajemen Perkebunan, Politeknik Negeri Pontianak)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran secara simultan dan parsial yang tediri dari produk, harga, promosi, lokasi, oarng/SDM, proses dan bukti fisik terhadap tingkat penjualan. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X3), lokasi (X4), orang/SDM (X5), proses (X6) dan bukti fisik (X7) secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat penjualan hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung> Ftabel (15,775 > 2,16) dengan tingkat signifikansi < 0,05 ( 0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan orang/SDM (X5) berpengaruh secara parsial (masing-masing) terhadap tingkat penjualan. Penelitian ini juga memperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0, 600%, yang menunjukkan bahwa 60% dari ketujuh variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen, dan 40% dipengaruhi oleh variabel  diluar penelitian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jepa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian secara reguler setiap tiga bulan sekali untuk tujuan mendeseminasikan hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen, peneliti dan pengabdi. Topik keilmuan yang ...