Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap manajemen emosi dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah pada peserta didik kelas VII SMP Islam Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Islam Karangrayung Kabupaten Grobogan yang berjumlah 60 peserta didik dan keseluruhannya digunakan sebagai sampel dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest manajemen emosi dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah adalah 99,55 sedangkan rata-rata postest manajemen emosi dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah adalah 107,46 Dengan demikian ada pengaruh layanan informasi terhadap manajemen emosi dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah pada peserta didik kelas VII SMP Islam Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019â€, yang ditunjukan dengan nilai t hitung 11,135 > 2,001 pada taraf signifikansi 5%.
Copyrights © 2020