Indonesian Journal of Education and Learning
Vol 4, No 1 (2020): Indonesian Journal of Education and Learning

Tingkat Literasi Membaca Siswa Kelas IV SDN 3 Sikur Lombok Tahun Pelajaran 2019/2020

Herman Wijaya (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2020

Abstract

Penelitian mengkaji kemampuan literasi membaca siswa SD 3 Sikur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi membaca siswa kelas IV SDN 3 Sikur tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa  SDN 3 Sikur tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian yaitu siswa kelas  IV SDN 3 Sikur sebanyak 26 orang. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah tes dan angket. tes dan angket yang digunakan diambil dari PIRLS Framework dan dikembangkan oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi membaca yang diperoleh, terbagi menjadi tiga kategori yang berbeda, yaitu 2 siswa (8%) berada pada kategori tinggi, 19 siswa  (73%) berada pada kategori sedang dan 5 siswa (19%) berada pada kategori rendah. Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat literasi membaca siswa juga yaitu minat membaca berbagai jenis buku bacaan yang rata-rata berada pada kategori sedang yaitu 15 siswa ( 59%) dari 26 siswa secara keseluruh kelas IV A SDN 3 Sikur Kecamtan Sikur. 

Copyrights © 2020