Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar melalui model pembelajaran tutor sebaya.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, pada siswa kelas kelas 10 EB jurusan Audio Video SMK Negeri 1 Magelang dalam pembelajaran Matematika pada kompetensi dasar menyelesaikan masalah nilai sudut berelasi diberbagai kuadran pada materi trigonometri. Penelitian ini melalui tiga kondisi, yaitu Prasiklus, Siklus I dan Siklus II, masing-masing dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Pada Siklus I, rata-rata tingkat motivasi belajar siswa sudah mengalami kenaikan walaupun masih 2,6 (kriteria BC) dibawah 3 (kriteria B), Demikian juga hasil belajarnya telah mempunyai rata-rata kelas 68, artinya mengalami peningkatan 29,4 % dari kondisi Prasiklus, yang cuma 46. Pada Siklus II, rata-rata tingkat motivasi belajar sudah mencapai 3,3 atau berkriteria B+, demikian pula rata-rata nilai prestasi/hasil belajar sudah mencapai 76 atau mengalami kenaikan 65,2% dari rata-rata nilai belajar 68 di Siklus I, ini berarti kenaikan hasil belajar sudah signifikan.
Copyrights © 2020