Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 17, No 2 (2020)

Kepemimpinan Kyai dan Perubahan Konsep Pondok Pesantren Pada Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta

Musta’an Musta’an (Universitas Sahid Surakarta)
Muhammad Dian Rifai Sari (Universitas Sahid Surakarta)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, menganalisa serta menelaah secara mendalam kepemimpinan kyai untuk melakukan perubahan  pondok pesantren  dengan melihat konsep perubahan pondok pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif phenomenology. Pendekatan ini dipilih karena dalam penelitian ini peneliti akan mendiskripsian secara rinci serta mendalam mengenai gambaran kondisi yang sebenarnya terjadi di lapangan. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, observasi kelas dan dokumen.  Sumber dan teknik triangulations digunakan untuk mendapatkan kepercayaan dari data ini. Selanjutnya, Flowchart Model yang diusulkan oleh Miles dan Huberman diterapkan dalam hasil study. Hasil penelitian, maka ditemukan bahwa: (1). Dalam penelitian ini peneliti menemukan konsep kepemimpinan kyai dalam melakukan perubahan di situs pondok pesantren Al-Muayyad dan Ta’mirul Islam Surakarta meliputi beberapa hal yaitu; Pembaharuan visi dan misi, perubahan kurikulum, Perubahan Isi/subtansi, perubahan metode pendidikan, perubahan kelembagaan dan perubahan tenaga pengajar/ustadz dan ustadzah. Temuan formal pada penelitian ini adalah Kyai dalam melakukan perubahan pada model pondok pesantren yang meliputi; changing structure (kelembagaan, kurikulum, subtansi), changing technology (perubahan metode pendidikan, sarana dan prasarana), changing people (visi-misi dan tenaga pendidikan).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPIT

Publisher

Subject

Education

Description

Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam p-ISSN: 2088-3102; e-ISSN: 2548-415X is an journal published by the Faculty of Tarbiyah and Education Science Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as ...