Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 3 (2020): Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat

Opan Arifudin (STEI AL-AMAR Subang)
Fenny Damayanti Rusmana (Program Studi Perbankan Syariah, STEI Al-Amar Subang)
Rahman Tanjung (3Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STIT Rakeyan Santang Karawang)
Udin Wahrudin (Program Studi Perbankan Syariah, STEI Al-Amar Subang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Inovasi dan pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam kemajuan sebuah perusahaan, hal ini tidak terlepas pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah sektor ekonomi nasional yang paling strategis dan menyangkut hajat hidup orang banyak sehingga menjadi tulang punggung perekonomian Nasional. Namun masalah yang dihadapi oleh usaha ataupun industri kecil kebanyakan adalah pengelolaan industri dan pemasaran. Dengan pengabdian masyarakat terkait pendampingan UMKM pada jenis makanan tradisional Dodol nanas diharapkan dapat memberikan solusi UMKM. Metode penyelesaian masalah yang digunakan berdasar pada pendekatan manajemen dalam meningkatkan hasil produksi dan hasil penjualan dengan 3 (tiga) tahapan pelaksanaan program yaitu persiapan, pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi. Program yang dilakukan adalah dengan inovasi kemasan sesuai dengan aturan Dinas Kesehatan Kota Subang dan perluasan pemasaran pada sosial media serta pasar besar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dinamisia

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Focus and Scope of Jurnal Dinamisia is a National Journal based on the results of Community Service Activities in Applied Science and Social ...