Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana
Vol 15, No 1 (2021): MANAJER PENDIDIKAN

PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 BENGKULU SELATAN

mastar efendi (SMAN 5 Bengkulu Selatan)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pelajaran ekonomi dengan tugas mandiri terstruktur model jigsaw. Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok (disebut dengan kelompok asal, setiap kelompok terdiri dari 4-6 siswa dengan kemampuan yang heterogen). Persentasi hasil diskusi kelompok dilakukan oleh tiap kelompok sesuai dengan jenis badan usaha CV, Firma, Perseroan Terbatas, Koperasi,  BUMN, BUMD kelompok yang dirasa siap untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Kelompok lain memberi tanggapan terhadap hasil diskusi yang sedang dibahas. Bahwa jumlah siswa yang mengajukan pertanyaan pada Siklus I sebesar 8,5% sedangkan pada pada Siklus II sebesar 12,8%, menanggapi respon siswa lain menunjukkan adanya peningkatan yaitu pada Siklus I sebesar 12% sedangkan pada Siklus II sebesar 14,9%. Menjawab pertanyaan guru mengalami kenaikan yaitu Siklus I sebesar 12% sedangkan pada Siklus II sebesar 29,8%. Diskusi kelompok mengalami peningkatan karena guru mampu memotivasi siswa agar saling bekerjasama dengan anggota kelompoknya yaitu pada Siklus I sebesar 34% sedangkan pada Siklus II sebesar 85,1%. Penerapan pembelajaran dengan metode tugas mandiri terstruktur dengan membekali siswa belajar dengan media internet, kemudian dibuatkan hasil belajar dari internet tesebut berupa makalah ekonomi tentang peranan badan usaha pada perekonomian nasional, serta pada tahap kedua siswa setiap kelompok mempresentasikan makalah pada siklus II ini telah mengalami kemajuan, siswa sudah lebih aktif dibanding pada siklus I.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

manajerpendidikan

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Manajer Pendidikan publishing scientific papers, including bestpractices research, action research, evaluative research and innovative/development research in the course of educational management and administration, leadership, supervision, and science education. The topics cover 1) Educational ...