Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia
Vol 6, No 1 (2021)

Evaluasi Formatif Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Butir Soal Mahasiswa FKIP Universitas Bengkulu

Zamzaili Zamzaili (Universitas Bengkulu)
Baki Swita (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar sumbangan efektif evaluasi formatif berbantuan komputer terhadap kemampuan analisis butir soal mahasiswa dan membandingkan rata-rata kemampuan analisis butir soal mahasiswa yang diajar dengan evaluasi formatif berbantuan komputer dengan rata-rata kelas diajar tanpa bantuan komputer. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 32 mahasiswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan analisis butir soal dengan indikator indek kesukaran, daya beda, validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian: (1) terdapat sumbangan yang efektif evaluasi formatif berbantuan komputer terhadap kemampuan analisis butir sebesar 52,47%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan statistik terhadap kemampuan analisis butir soal; dan (3) rata rata kemampuan analisis butir mahasiswa yang mengikuti evaluasi formatif berbantuan komputer (65,63) lebih tinggi dari rata-rata yang diajar tanpa bantuan komputer (59,13).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpmr

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia telah memiliki P-ISSN: 2548-4435 (Media Cetak) dan E-ISSN : 2615-8752 (Media Online) yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, yang memuat artikel-artikel yang berisi tentang hasil-hasil penelitian, telaah/tinjauan ...