Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 5, No 1 (2020): JANUARI

Hubungan Antara Bimbingan Orangtua di Rumah dengan Kemampuan Membaca Anak di Sekolah Kelompok B PAUD Se-Gugus Bunga Aster Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu

Riris Dwi Harnanda (Unknown)
Sri Saparahayuningsih (Universitas Bengkulu)
Delrefi D. Delrefi D. (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Kemampuan membaca anak mutlak diperlukan menjelang masuk sekolah dasar. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi kemampuan membaca anak sebelum masuk SD dan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orangtua di rumah dengan kemampuan membaca di sekolah kelompok B PAUD Se-Gugus Bunga Aster di Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Metodenya adalah penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi. Sampel penelitian 40 responden yaitu anak dan orangtua yang diambil dengan teknik proporsional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk bimbingan orangtua dan tes untuk kemampuan membaca anak. Analisis data menggunakan korelasi Chi Square. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa bimbingan yang diterapkan orangtua di rumah cenderung menerapkan bimbingan permisif kepada anaknya dan kemampuan membaca anak di sekolah mencapai kriteria penilaian baik. Sehingga menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara bimbingan orangtua di rumah dengan kemampuan membaca di sekolah dengan c2 hitung sebesar 7,911.. Artinya orangtua yang selalu memberikan bimbingan di rumah kepada anaknya akan berpengaruh terhadap kemampuan membaca anak. Saran penelitian berikutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini menggunakan pola asuh yang lain atau kemampuan yang lain dan dapat melanjutkan penelitian ini dalam kawasan yang luas atau dibuktikan dengan gugus yang lain

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...