Tujuan jangka panjang penelitian agar Kelompok Usaha  Bajo Indah dapat menjadi Usaha Kecil Menegah (UKM) yang tangguh dan mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan PDRB Provinsi Sulawesi Tenggara. Tujuan jangka pendek, adalah untuk mengetahui: (1) besarnya nilai tambah produk terasi  instan, (2) besarnya pengaruh variabel bahan baku, tenaga kerja, upah tenaga kerja, harga output, harga bahan baku, dan biaya input lain terhadap nilai tambah produk terasi instan, (3) meningkatnya pendapatan Kelompok Usaha Bajo Indah, dan (4) tanggapan atau penilaian konsumen terhadap produk terasi intan. Untuk menjawab tujuan, digunakan analisis: (1) nilai tambah menggunakan konsep Hayami; (2) regresi berganda; (3) analisis pendapatan;  (4) analisis deskriptif. Lokasi penelitian di  Kelurahan Lapulu  Kecamatan Abeli Kota Kendari. Penarikan sampel pedagang dilakukan secara Snowball.  Sementara sampel  konsumen  diambil  180  orang  secara  sengaja (purposive  sampling)  dengan asumsi mereka yang terpilih menjada sampel dianggap dapat  mewakili konsumen.              Hasil   analisis   menunjukkan   bahwa: (1) Pengolahan terasi instan memberikan nilai tambah sebesar Rp68.630,00, (2)  Secara simultan variabel peubah x (kapasitas produksi, bahan baku, tenaga kerja, harga output, upah tenaga kerja, harga bahan baku, dan sumbangan input lain) menunjukkan pengaruh secara signifikan pada tingkat α = 0,1. Secara parsial  kapasitas produksi terasi instan berpengaruh  terhadap  nilai  tambah,   sedangkan   variabel  peubah  lainnya  tidak  signifikan (α = 0,1), (3) Besar pendapatan bersih anggota kelompok setiap bulan  sebesar rata-rata Rp1.105.440,00 diperoleh dari pengurangan nilai output  dengan nilai input  (Rp4.340.840,00 – Rp3.235.400,00),  (4) Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 180 konsumen umumnya memberi penilaian terhadap jenis kemasan dan kepraktisan dalam pemakaian umumnya mengatakan bagus dan cukup bagus, sedangkan dari segi harga dan rasa, umumnya menyatakan relatif murah dan  enak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016