Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui media pohon angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok A TK Wulele Sanggula II Kendari. Subjek penelitian ini adalah guru peneliti dan anak didik di Kelompok A TK Wulele Sanggula II Kendari yang berjumlah 11 orang anak dengan rentang usia 4-5 tahun. Standar nilai untuk indikator proses dikatakan berhasil apabila hasil yang dicapai minimal 85%. Pada siklus I, aktivitas memperoleh persentase 73,33%, lalu meningkat menjadi 93,33% pada siklus II. Sedangkan hasil analisis data hasil belajar anak didik pada observasi awal kemampuan kognitif anak sebesar 54,54%. Setelah pelaksanaan tindakan, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar anak pada siklus I sebesar 72,73% dan meningkat menjadi 92,85% pada siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa pada akhir siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar anak sebesar 92,85% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021