Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model supervisi Kepala Sekolah, pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah, dan hambatan pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru TK Aisyiyah pada masa pandemi Covid-19. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan informan sebanyak 4 orang Kepala Sekolah dan 10 Orang guru TK Aisyiyah yang ditentukan dengan teknik purposive sampling pada tujuan penelitian dan subjek penelitian yang akan memberikan informasi penting dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data berupa  analisis data hasil observasi dan wawancara terhadap kepala sekolah dan guru TK Aisyiyah, selanjutnya data disajikan dalam bentuk deskripsi dan terakhir menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru TK Aisyiyah pada masa pandemi Covid-19 yaitu model supervisi tradisional dengan 3 tahap yaitu pra-observasi, observasi secara tidak langsung dan post-observasi dengan kegiatan diskusi.
Copyrights © 2021