Penalaran konservasi merupakan salah satu jenis penalaran yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir logis seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain kegiatan bermain konservasi pada anak usia dini yang dapat menstimulus perkembangan kemampuan berpikir logis mereka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sejumlah 15 anak usia dini yang berusia 5-6 tahun yang diambil dari TK Swasta di Kabupaten Tuban. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket konservasi jumlah dan konservasi panjang yang berisi pernyataan-pernyataan mengenai berbagai kondisi yang menjelaskan konsep konservasi jumlah dan konservasi panjang.Setiap anak diberi stimulus melalui kegiatan bermain yang bermuatan konservasi jumlah dan konservsi panjang kemudian dilanjutkan dengan wawancara mengenai alasan memberi jawaban pada tes konservasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan konservasi anak usia 5-6 tahun di Kabupaten Tuban Jawa Timur masih rendah.
Copyrights © 2021