Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO
Vol 4, No 1 (2021): EDISI MARET 2021

Stimulus Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Konservasi

Fadiana, Mu'jizatin (Unknown)
Cathartica, Winda (Unknown)
Kusniasih, Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penalaran konservasi merupakan salah satu jenis penalaran yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir logis seseorang.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain kegiatan bermain konservasi pada anak usia dini yang dapat menstimulus perkembangan kemampuan berpikir logis mereka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sejumlah 15 anak usia dini yang berusia 5-6 tahun yang diambil dari TK Swasta di Kabupaten Tuban. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket konservasi jumlah dan konservasi panjang yang berisi pernyataan-pernyataan mengenai berbagai kondisi yang menjelaskan konsep konservasi jumlah dan konservasi panjang.Setiap anak diberi stimulus melalui kegiatan bermain yang bermuatan konservasi jumlah dan konservsi panjang kemudian dilanjutkan dengan wawancara mengenai alasan memberi jawaban pada tes konservasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan konservasi anak usia 5-6 tahun di Kabupaten Tuban Jawa Timur masih rendah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

RGAP

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Fokus dan Scope Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO memuat artikel hasil penelitian pada bidang PAUD yang meliputi kurikulum PAUD, perkembangan anak usia dini, manajemen pendidikan PAUD, bahan ajar PAUD, media pembelajaran PAUD, penilaian pembelajaran PAUD, strategi/ model/ metode/ pendekatan/ teknik ...