SMA Negeri 08 Bombana adalah salah satu sekolah di Kecamatan Kabaena Tengah yang menjadi objek penelitian karena hasil belajar geografinya yang masih terbilang rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 08 Bombana yang di ajar melalui penggunaan pembelajaran discoverypada pokok materi jagat raya dan tata surya; 2) untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru di kelas X SMA Negeri 08 bombana yang di ajar dengan menerapkan model discovery pada pokok materi jagat raya dan tata surya. 3) Untuk menentukan peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 08 Bombana melalui penggunaan pembelajaran discovery pada pokok materi jagat raya dan tata surya. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa: 1) Gambaran aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model discovery pada setiap siklus cenderung meningkat. Hal ini ditunjukkan denganskor rata-rata pada setiap siklus, dimana pada siklus I skor rata-rata aktivitas siswa adalah 2,1 berada pada kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 3,8 berada pada kategori baik; 2) Gambaran aktivitas mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran discovery pada setiap siklus cenderung meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata pada setiap siklus, dimana pada siklus I skor rata-rata aktivitas guru adalah 2,4 yang termasuk kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,8 yang berkategori baik. 3) Hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 08 Bombana meningkat setelah menerapkan model discovery padapokok materi jagat raya dan tata surya. Dimana pada siklus I yaitu diperoleh nilai terendah 65, nilai tertinggi 90, nilai rata-rata 80 dan ketuntasan belajar sebesar 75% yang mencapai KKM atau dari 16 siswa hanya 12siswa yang memperoleh nilai ≥ 75. Pada siklus II diperoleh nilai terendah 80, nilai tertinggi 100 nilai rata-rata adalah 91 dan ketuntasan belajar pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 16 orang siswa, semuanya memperoleh nilai ≥ 75, dengan persentase ketuntasan hasil belajar adalah 100%.Â
Copyrights © 2020