Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LERNING

Widasmara, Ananda (Unknown)
Amaluddin, La Ode (Unknown)
Nursalam, La Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2020

Abstract

SMA Negeri 08 Bombana adalah salah satu sekolah di Kecamatan Kabaena Tengah yang menjadi objek penelitian karena hasil belajar geografinya yang masih terbilang rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 08 Bombana yang di ajar melalui penggunaan pembelajaran discoverypada pokok materi jagat raya dan tata surya; 2) untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru di kelas X SMA Negeri 08 bombana yang di ajar dengan menerapkan model discovery pada pokok materi jagat raya dan tata surya. 3) Untuk menentukan peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 08 Bombana melalui penggunaan pembelajaran discovery pada pokok materi jagat raya dan tata surya. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa: 1) Gambaran aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model discovery pada setiap siklus cenderung meningkat. Hal ini ditunjukkan denganskor rata-rata pada setiap siklus, dimana pada siklus I skor rata-rata aktivitas siswa adalah 2,1 berada pada kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 3,8 berada pada kategori baik; 2) Gambaran aktivitas mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran discovery pada setiap siklus cenderung meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata pada setiap siklus, dimana pada siklus I skor rata-rata aktivitas guru adalah 2,4 yang termasuk kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,8 yang berkategori baik. 3) Hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 08 Bombana meningkat setelah menerapkan model discovery padapokok materi jagat raya dan tata surya. Dimana pada siklus I yaitu diperoleh nilai terendah 65, nilai tertinggi 90, nilai rata-rata 80 dan ketuntasan belajar sebesar 75% yang mencapai KKM atau dari 16 siswa hanya 12siswa yang memperoleh nilai ≥ 75. Pada siklus II diperoleh nilai terendah 80, nilai tertinggi 100 nilai rata-rata adalah 91 dan ketuntasan belajar pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 16 orang siswa, semuanya memperoleh nilai ≥ 75, dengan persentase ketuntasan hasil belajar adalah 100%. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...