SMAS Muhammadiyah Raha adalah salah satu sekolah di kota Raha yang menjadi objek peneliti karena hasil belajarnya masih rendah, hal ini dikarenakan hanya 55% siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa di SMAS Muhammadiyah Raha yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning; (2) Untuk mengetahui aktivitas mengajar guru di SMAS Muhammadiyah Raha yang diajar dengan menerapkan model Pembelajaran discovery learning; (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di SMAS Muhammadiyah Raha yang diajar dengan menerapkan  model Pembelajaran discovery learning. Data tentang aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru diperoleh melalui lembaran observasi, sedangkan data hasil belajar geografi siswa diperoleh melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan: (1) Aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran discovery learning pada siklus I sebesar 2,5 yang termasuk pada kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 3,8 yang termasuk pada katergori baik; (2) Aktivitas mengajar guru siklus I skor rata-rata aktivitas guru adalah 2,7 yang termasuk kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,7 yang berkategori baik; (3) Ada peningkatan hasil belajar geografi kelas XI SMAS Muhammadiyah Raha, sebesar 29% setelah menerapkan model Pembelajaran discovery learning. Dimana pada siklus I yaitu diperoleh ketuntasan belajar siswa 62% dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 91%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa.  Discovery Learning; Hasil Belajar; SMAS Muhammadiyah Raha.
Copyrights © 2021